LABORATORIUM MEKANIKA TANAH

Laboratorium mekanika tanah digunakan untuk pengujian-pengujian berbagai jenis tanah baik di Laboratorium maupun di Lapangan. Pelayanan kepada mahasiswa berupa kegiatan praktikum dan kegiatan penelitian tugas akhir mahasiswa. Laboratorium Mekanika Tanah telah menjalin kerjasama dengan berbagai instansi pemerintah dan swasta untuk melakukan berbagai uji tanah di lapangan maupun dilaboratorium. Laboratorium menerima layanan konsultasi untuk mahasiswa dan masyarakat dalam bidang geoteknik meliputi : teori dan praktek penyelidikan tanah, analisis hasil penyelidikan tanah, perancangan fondasi, analisis dan perancangan stabilitas lereng, dan lain-lain yang berhubungan dengan ilmu mekanika tanah dan rekayasa fondasi.

LABORATORIUM BAHAN BANGUNAN

Laboratorium bahan bangunan digunakan untuk pengujian-pengujian berbagai bahan bangunan. Laboratorium bahan bangunan menyelenggarakan kegiatan praktikum dan penelitian tugas akhir mahasiswa, penelitian dosen, dan pengujian-pengujian dari pihak luar yang telah menjalin kerjasama. Praktikum dan pengujian yang bisa dilaksanakan di laboratorium dan di lapangan diantaranya meliputi Uji Tekan dan Tarik berbagai bahan bangunan, uji kuat beton dengan Hammer, uji slump, pembuatan mix design campuran, dan pembuatan sampel uji beton .

LABORATORIUM ILMU UKUR TANAH

Laboratorium ilmu ukur tanah melayani kegiatan praktikum mahasiswa, kegiatan penelitian dosen, dan melayani kerjasama pengukuran dengan pihak-pihak lain baik instansi pemerintah maupun swasta. Laboratorium ilmu ukur tanah Teknik Sipil UMP melayani kegiatan pemetaan situasi, dan kontur lahan.

LABORATORIUM JALAN RAYA

Laboratorium jalan raya digunakan untuk pengujian-pengujian berbagai bahan yang berkaitan dengan pembangunan Jalan Raya. Laboratorium ini menyelenggarakan kegiatan praktikum bagi mahasiswa, melayani uji bahan jalan dari instansi pemerintah maupun swasta, dan melayani penelitian dosen dan mahasiswa. Disamping itu laboratorium Jalan Raya juga menjalin kerjasama dengan instansi luar (pemerintah/swasta) dalam bidang penelitian, pendidikan, dan pengembangan teknologi jalan raya.

LABORATORIUM KOMPUTASI

Laboratorium Komputasi merupakan salah satu fasilitas di Program Studi Teknik Sipil, yang diutamakan untuk melayani perkuliahan dan praktium mahasiswa. Dengan adanya Laboratorium Komputasi mahasiswa diharapkan akrab dengan teknologi komputer sehingga lulusan Teknik Sipil UMP memiliki keunggulan kompetitif dan tidak gagap teknologi ketika terjun di lapangan kerja. Kegiatan yang diselenggarakan berupa penyelenggaraan praktikum komputasi struktur bangunan, pelatihan program aplikasi komputer, serta pelayanan umum komputer untuk mahasiswa. Laboratorium komputasi juga melayani kebutuhan masyarakat luas dalam perancangan dan analisis struktur bangunan.

Translate ยป